Ngalap Berkah Qotmil Qur’an, Rangkaian Pelantikan



Durenan- Gerimis rintik-rintik membasahi halaman masjid Nurul Iman Desa Karanganom Kec. Durenan Kab. Trenggalek. Selepas shalat subuh rekan-rekan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) sudah siap menunggu tokoh masyarakat yang akan membuka majelis Qotmil Qur’an. 

Pagi tadi, (11/12/2020) tepat hari Jum’at Pimpinan Ranting (PR)  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU) Desa Karanganom menggelar Qotmil Qur’an, Pelantikan, sekaligus memperingati Hari Lahir (Harlah) PR. IPNU-IPPNU Karanganom yang ke-2.

Meski baru berusia 24 bulan, banyak kegiatan-kegiatan yang anti mainstream. Ziarah dan rekreasi (Zarkasi), Ngobrol Inspirasi (Ngopi), Tadabbur Alam, Pawai Ta’aruf, Ngaji Bareng, Lomba Anak Islami, adalah rentetan kegiatan selama ini.

Rekan Fahrurrozi Ridzuan selaku ketua panitia ketika dimintai keterangan kontributor, menjelaskan acara ini sudah direncanakan satu bulan yang lalu. Dengan berbagai kendala yang dihadapi terhadap situasi pandemi.

“Satu bulan yang lalu panitia dibentuk setelah melaksanakan Rapat Anggota (RAPTA), tindak lanjut terpilihnya ketua PR. IPNU-IPPNU Karanganom. Kendala yang dihadapi panitia adalah fakta peningkatan jumlah pasien yang terpapar covid-19 di wilayah Trenggalek, khususnya di Kecamatan Durenan,” pungkasnya

“Perihal perizinan, kami langsung menghadap ke Kepolisian Sektor (Polsek), alhamdulilah di acc.  Karena bulan kemarin Alhamdulillah sukses rangkaian maulid nabi dan hari santri 2020 menerapkan protocol kesehatan yang juga dihadiri oleh Bapak Kapolsek,”imbuhnya.

“Memilih Qotmil Qur’an. Karena kami sadar bahwa kami tidak ada apa-apanya, ngalap berkah  kalam Ilahi mudah-mudahan kepengurusan kali ini amanah, bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi rekan-rekanita ranting Karanganom,”tutup Rekan Fahrur dalam wawancara kepada kontributor.

Dibuka oleh Bapak Muhsam Baidhowi selaku ketua Lazisnu juga tokoh masyarakat sekitar. Dilanjutkan oleh rekan-rekanita menghatamkan 30 juz. Terpantau pukul 11.00 WIB sudah khatam, langsung dibacakan doa oleh Rekan Baha’uddin, hafidz yang juga kuliah di IAIN Tulungagung.

Pewarta : Madchan Jazuli