Warung Sedekah, Cara Warga dan PR IPNU-IPPNU Wonocoyo Tingkatkan Asupan Gizi

Pogalan - Inisiatif kreatif adanya 'warung sedekah' dilakukan oleh warga setempat menggandeng Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Wonocoyo, Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.

Ketua PR IPPNU Wonocoyo, Aqidatul Izzah Azhrari mengatakan 'Sedekah Warung' berangkat dari situasi kondisi pandemi banyak masyarakat yang mengesampingkan pola makan dan gizi seimbang.

"Walaupun sudah New Normal seperti sekarang ini, kesehatan masyarakat juga harus tetap diperhatikan dari pola makan dan gizi seimbang," kata Izzah sapaan akrabnya, Senin (29/03/2021).

Terkait latar belakang tersebut, Ketua PR IPPNU Wonocoyo mengungkapkan kegiatan ini diharapkan mampu membantu perekomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Banyak  terkena imbas dalam mata pencaharian  sampai mengalami pemutusan kerja. 

"Banyak warga masyarakat yang terkena PHK dan penurunan keadaan perekonomian keluarganya," ungkap siswi SMAN 1 Trenggalek tersebut.

Izzah mengatakan kepada media, IPNU-IPPNU sendiri dilibatkan untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat. Ada bantuan berupa 'Warung Sedekah' kepada masyarakat desa setempat. Terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok makanan sehari-hari.

"Untuk jumlah sendiri lumayan banyak, ada beberapa macam kebutuhan pokok seperti kangkung, timun,tomat, ayam, tempe tahu, kacang panjang, dan lain-lain," paparnya 

Sementara teknis pengambilannya sendiri, ia menjelaskan penerima hanya boleh mengambil 3 macam kebutuhan pokok saja tidak boleh lebih. Karena lumayan banyak yang membutuhkan.

"Hanya perlu dibayarkan dengan doa-doa yang baik," jelas siswi Jurusan IPA tersebut.

Kegiatan sedekah ini, menurutnya kedepan masih dalam tahap evaluasi dan pengembangan. Jika ada dana yang mendukung dan ada fasilitas yang dapat digunakan maka kegiatan akan dirutinkan.

"Insyaallah juga akan dilanjutkan ke minggu-minggu atau bulan-bulan depan," imbuhnya.

Untuk donatur, pihaknya menerima dana dari salah satu pembina ranting. Berharap masyarakat akan terbantu, meskipun tidak banyak. Paling tidak bisa membantu pemenuhan bahan pangan.

Ketua Pimpinan Ranting IPPNU periode 2020-2022 ini sangat bersyukur bisa ikut berpartisipasi dan diberi amanah untuk bisa berbagi kepada masyarakat. Teruntuk kepada donatur, ia sangat berterima kasih dan mendapat keutamaan atas apa yang diberikan.

"Kepada donatur, semoga diberikan berkah, barokah, lancar rezekinya, panjang umurnya dan dipermudah segala urusannya oleh Allah SWT," pungkasnya.

Pewarta : Madchan Jazuli